Artikel

Pulau Seram Ambon, Tanah Subur Penghasil Rempah-Rempah

admin| 20 Oktober 2020

Pulau Seram Ambon merupakan salah satu pulau dari gugusan Kepulauan Maluku yang juga dikenal sebagai kepulauan penghasil rempah terbaik Nusantara. Pulau yang memiliki sejarah dan pernah menjadi rute perniagaan bangsa-bangsa lokal dan asing ini kini terdiri dari tiga kabupaten, yaitu kabupaten Maluku Tengah dan dua kabupaten hasil pemekaran, yaitu Kabupaten Seram Timur dan Kabupaten Seram Bagian Barat. 

Keadaan alam di Pulau Seram Ambon sendiri sangat strategis dan memiliki udara yang sejuk. Hal ini juga yang dipercaya membuat tanaman rempah-rempah tumbuh subur di sini. Selain itu, dengan lokasi yang strategis, hal ini menjadikan Pulau Seram sebagai rute perniagaan para pedagang lokal sebelum kelak menjadi tempat singgah bangsa-bangsa asing.

Pada masa lalu, perdagangan dari Kepulauan Seram menuju Kepulauan Banda merupakan pola perniagaan yang hampir sama dengan perdagangan Kepulauan Aru dan Kei. Para pedagang Seram biasa berangkat melalui Pelabuhan Amahai dan singgah di pasar perantara di Kepulauan Banda. Jalur perdagangan yang ditempuh oleh pedagang dari Pulau Seram dilalui dengan menyusuri pesisir Seram bagian timur dan memutar haluan ke selatan sebelum tiba di Banda.

Sebelum sampai di Banda Neira, pedagang Seram ini juga biasa singgah di Pelabuhan Hitu untuk menukarkan barang-barang yang mereka bawa, biasanya berupa perhiasan mutiara dan kain tenun kasar. Hal ini mereka lakukan sebelum berniaga ke Banda dengan modal cengkeh. 

Tak hanya menghasilkan cengkeh sebagai hasil bumi, pedagang dari Seram juga membawa hasil hutan, seperti damar, madu, dan peralatan dapur/memasak dari bahan gerabah. Barang-barang itu dipertukarkan dengan kain tenun kasar, tekstil Gujarat, dan barang impor lainnya yang mereka peroleh dari pedagang lokal maupun asing.

Dari perdagangan itulah, hasil bumi mereka bisa sampai diperdagangkan ke Jawa dan Sumatera atau negara lain. Hal ini membuat Kerajaan Sriwijaya hingga Banten menjadi pusat perdagangan pertama sekaligus persinggahan bangsa Eropa sebelum mereka melakukan ekspedisi pencarian rempah ke Maluku.

Pasca kedatangan VOC, saat harga rempah-rempah di pasar internasional mengalami penurunan tajam pada 1652, maskapai dagang Belanda tersebut mengurangi produksi dan membabat pohon-pohon cengkeh yang terdapat di Maluku. Hanya ada dua pulau yang tidak terkena dampak eradikasi ini, adalah cengkeh yang tumbuh di Pulau Ambon dan Seram.

Sebagaimana yang terjadi di masa lampau, jejak Jalur Rempah di Pulau Seram Ambon juga tersisa hari ini. Hal ini bisa kita lihat dari banyaknya pelabuhan di pulau penghasil cengkeh ini. Pelabuhan-pelabuhan itu, antara lain: Amahai, Masohi, Kairatu, Piru, Tehoru, Bula, Geser, Wahai, Kobisadar, dan Way ley.

Sumber:


Amal, M. Adnan 1950. Kepulauan Rempah-rempah: Perjalanan Sejarah Maluku Utara 1250-1950. KPG.

Razif & M. Fauzi. 2017. Jalur Rempah dan Dinamika Masyarakat Adat Abad X-XVI: Kepulauan Banda, Jambi dan Pantai Utara Jawa. Direktorat Sejarah.


Naskah: Doni Ahmadi

Editor: Tiya S.

Bagikan:

Artikel Populer

Benteng Somba Opu Makassar: Enterpot di Nusantara Bagian Timur

25 November 2020

Dorong Semangat Gotong Royong, Kemendikbudristek Gandeng Lintas Sektor Sukseskan Muhibah Budaya Jalur Rempah

11 Juni 2022

Loji Pulau Cingkuk & Perdagangan Rempah di Pesisir Minangkabau Zaman Kompeni

24 Februari 2022

Artikel Terbaru

Telusuri Kekayaan Historis dan Budaya Kepulauan Selayar, Muhibah Budaya Jalur Rempah Kembali Digelar

24 November 2023

Ajak Nelayan Jaga Keberlangsungan Laut, Kemendikbudristek Gelar Lomba Perahu Layar Tradisional

24 September 2023

Antusias 140 Nelayan Adu Cepat dalam Lomba Perahu Layar Tradisional dan Upaya Regenerasi ke Anak Cucu

24 September 2023

Artikel Terkait

...

Loji Pulau Cingkuk & Perdagangan Rempah di Pesisir Minangkabau Zaman Kompeni

admin

24 Februari 2022

...

Jalur Rempah 2020: Capaian Kegiatan hingga Survei Litbang Kompas

admin

15 Desember 2020

...

Jalur Rempah Nusantara: Interaksi Budaya, Ekonomi, Politik, dan Agama

admin

30 September 2020