Pulau Rempah-Rempah, Emas Imajiner Ketika Nusantara Dirahasiakan

admin

7 Oktober 2020

Jalur Rempah yang membentang di kepulauan Nusantara, Cina, India, Timur Tengah, sampai ke Eropa merupakan jalur yang bermula dari pencarian rempah yang tumbuh di kepulauan Nusantara. Rempah ini kemudian dibawa menuju dunia luar serta meninggalkan jejak-jejaknya yang bisa kita lihat hari ini.

Rempah-rempah yang awalnya digunakan masyarakat setempat untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari (bumbu pangan, kesehatan, hingga ritual) berhasil mencuri perhatian dunia setelah sampai ke belahan bumi lain dan menjadi penggerak armada-armada dari negeri jauh menuju nusantara. Hal ini lah yang kemudian mendorong banyak bangsa asing untuk memulai pencarian rempah, hingga tercipta silang budaya antar masyarakat kepulauan nusantara dan bangsa asing.

Sebelum kedatangan bangsa asing, Nusantara pernah menjadi sebuah tempat yang misterius bagi banyak pencari rempah dari Eropa. Pulau rempah-rempah seringkali diartikan para pelaut asing ini sebagai tempat di mana hewat mitologi dan makhluk khayali hidup, tak jarang berbagai mitos maupun cerita mistis tentang Nusantara muncul dalam catatan-catatan pelayar Eropa.

Ada banyak kisah menarik lainnya yang mewarnai perdagangan rempah dunia termasuk perkembangan rempah di Nusantara sebelum kedatangan bangsa-bangsa asing. Mari ketahui kisahnya di 60 Detik Jelajah Jalur Rempah. Selamat menonton!

Bagikan:

Konten Jalur Rempah

Artikel

Foto

Video

Publikasi

Audio