Artikel

Arka Kinari di Kepulauan Selayar, Titik Ketiga Program Jalur Rempah

admin| 1 Oktober 2020

Kabupaten Selayar – Setelah berlabuh satu hari sebelumnya di Pelabuhan Benteng Selayar, kru Kapal Arka Kinari menghadiri acara penyambutan yang dilaksanakan pada hari Jumat (2/10) di Kantor Bupati Kepulauan Selayar dan disambut oleh pejabat pemerintah kabupaten setempat serta perwakilan dari Kemdikbud. Acara ini dimeriahkan oleh Tari Kambaurang dengan diiringi musik tradisional, acara penyambutan ini bersifat terbatas dan hanya dihadiri oleh tamu undangan resmi mengingat kondisi pandemi Covid-19.

Dalam acara yang diselenggarakan secara tertutup ini, Dr. H. Asriady Sulaiman, S.IP., M.Si., selaku Pjs Bupati Kepulauan Selayar, turut memberikan sambutan. Selain itu, Nova Ruth dan Grey Filastine, selaku pemilik Kapal Arka Kinari juga memberikan sambutan tentang makna perjalanan pelayaran mereka untuk menyebarkan misi lingkungan serta budaya yang saling berkaitan dan dekat dengan keseharian mereka.

Setelah acara penyambutan dan makan siang, kru Kapal Arka Kinari melanjutkan perjalanan ke Perkampungan Tua Bitombang, di mana masih tersisa rumah panggung yang berusia ratusan tahun dan diturunkan dari satu generasi ke generasi serta masih ditinggali hingga hari ini. Kru Kapal Arka Kinari juga berinteraksi dengan kepala Desa Bitombang serta mengunjungi rumah pertama yang dibangun di perkampungan tersebut yang saat ini ditinggali oleh generasi keenam. 

Selain itu, beberapa kru juga membeli hasil pertanian dari warga, seperti minyak kelapa dan vanila. Setelah mengunjungi Perkampungan Tua Bitombang, sebagian dari kru Kapal Arka Kinari mengunjungi pengolahan kopra di Desa Tile-Tile. Sedangkan, sebagian yang lain melakukan persiapan untuk penampilan musik pada acara Selayar Green Gold Festival 2020.

Acara Selayar Green Gold Festival 2020 yang berlangsung pada tanggal 2 dan 3 Oktober 2020 di Sunari Beach Resort diinisiasi oleh Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Kepulauan Selayar untuk menyambut kru Kapal Arka Kinari. Nama festival ini diambil dari buku Christiaan Heersink yang berjudul Dependence on Green Gold (1999) yang menyebutkan bahwa kelapa yang memiliki warna emas hijau menjadi komoditas utama Kabupaten Selayar untuk diperdagangkan ke wilayah lain yang menjadi titik Jalur Rempah. Acara ini menampilkan tarian tradisional dan pameran mini oleh Balai Pelestarian Cagar Budaya Sulawesi Selatan yang memajang beberapa keramik dan logam yang ditemukan di Perairan Bontosikuyu. Sebagaimana acara penyambutan sebelumnya, acara ini juga bersifat terbatas dan hanya dihadiri oleh tamu undangan saja serta menjadi area wajib masker untuk tetap menerapkan protokol kesehatan.

Dalam acara Selayar Green Gold Festival 2020, Nova Ruth dan Grey Filastine membawakan beberapa lagu dalam album musik mereka dengan latar video rangkaian pelayaran Arka Kinari yang dimulai dari Belanda pada bulan Agustus 2019. Penampilan keduanya di atas panggung tidak hanya sebatas penampilan musik, tetapi juga ada diskusi dua Arah dari penonton yang hadir malam itu.

 

Naskah: Putri A.F
Editor: Doni Ahmadi

Bagikan:

Artikel Populer

Butuh Resep Minuman Rempah saat Pandemi? Yuk Simak!

16 Juli 2021

Sejarah Makassar: Pengekspor Pakaian hingga Pusat Perdagangan

14 Oktober 2020

Pala: Mutiara Hitam Penyelamat Kei Besar dalam Wabah Waur Gate

7 April 2023

Artikel Terbaru

Telusuri Kekayaan Historis dan Budaya Kepulauan Selayar, Muhibah Budaya Jalur Rempah Kembali Digelar

24 November 2023

Ajak Nelayan Jaga Keberlangsungan Laut, Kemendikbudristek Gelar Lomba Perahu Layar Tradisional

24 September 2023

Antusias 140 Nelayan Adu Cepat dalam Lomba Perahu Layar Tradisional dan Upaya Regenerasi ke Anak Cucu

24 September 2023

Artikel Terkait

...

Pala: Mutiara Hitam Penyelamat Kei Besar dalam Wabah Waur Gate

Muhammad Attorik Falensky

7 April 2023

...

Hari Ketiga Pelayaran, Laskar Rempah Dapatkan Materi (Cara) Bertahan di Laut

admin

3 Juni 2022

...

Benteng Somba Opu Makassar: Enterpot di Nusantara Bagian Timur

admin

25 November 2020