Artikel

Kolaborasi Program Jalur Rempah & Arka Kinari di Kepulauan Banda Naira

admin| 1 Oktober 2020

Kepulauan Banda Neira – Pada Jumat (25/9) lalu, Kapal Arka Kinari telah melakukan lego jangkar di kawasan Lava Flow, Pulau Gunung Api Kepulauan Banda. Pasca mendapat hasil rapid test non-reaktif, awak kapal Arka Kinari diizinkan menjejakkan kaki di Banda Neira. 

Kedatangan Arka Kinari ini pun disambut oleh Masyarakat Banda Neira secara adat, di mana ditampilkan Kora-kora dan Cakalele Kampung Fiat dari pintu masuk Teluk Banda Neira. Tak hanya itu, dua pemilik Arka Kinari, Grey Filastine dan Nova Ruth juga turut memeriahkan pesta adat terebut dengan ikut menaiki kora-kora adat dan berdayung bersama masyarakat Banda Neira hingga ke darat.

Acara penyambutan ini pun dilanjutkan dengan adanya lokakarya tali-temali dan membaca arah angin dengan awak kapal Arka Kinari. Para peserta yang diisi pemuda-pemudi Banda pun begitu antusias mengikuti lokakarya sekaligus belajar bersama memahami Sustainable Living, yakni perubahan cara hidup berkelanjutan. Hidup dengan sadar, membeli lebih sedikit, menanam lebih banyak, serta menghidupkan kembali jejak-jejak kearifan lokal yang bisa dilakukan oleh siapa saja dan di mana saja.

Dua musisi pemilik kapal Arka Kinari ini juga menyuguhkan pertunjukan di mana kapal mereka disulap menjadi ruang pertunjukan apung, dan warga Banda menyaksikan pentas tersebut dari daratan. Di akhir pertunjukan, Kedua musisi ini juga melakukan pentas kolaborasi dengan Sangar Manisan Pala dari anak-anak Kepulauan Banda Neira. 

Bekerjasama dengan Program Jalur Rempah, tim Arka Kinari menelusuri sejarah rempah dan belajar bersama untuk menjaga bumi dan laut serta menutup acara ini sebelum melanjutkan pelayaran mereka ke Kepulauan Selayar. 

 

Naskah & Editor: Doni Ahmadi

Bagikan:

Artikel Populer

Pentingnya Kaum Muda Menapaki Jejak-jejak Rempah di Nusantara

9 Juni 2022

Persiapan Laskar Rempah Menuju Muhibah Budaya Jalur Rempah 2022

24 Mei 2022

Pulau Seram Ambon, Tanah Subur Penghasil Rempah-Rempah

20 Oktober 2020

Artikel Terbaru

Telusuri Kekayaan Historis dan Budaya Kepulauan Selayar, Muhibah Budaya Jalur Rempah Kembali Digelar

24 November 2023

Ajak Nelayan Jaga Keberlangsungan Laut, Kemendikbudristek Gelar Lomba Perahu Layar Tradisional

24 September 2023

Antusias 140 Nelayan Adu Cepat dalam Lomba Perahu Layar Tradisional dan Upaya Regenerasi ke Anak Cucu

24 September 2023

Artikel Terkait

...

Pulau Seram Ambon, Tanah Subur Penghasil Rempah-Rempah

admin

20 Oktober 2020

...

Hari Ketiga Pelayaran, Laskar Rempah Dapatkan Materi (Cara) Bertahan di Laut

admin

3 Juni 2022

...

Telusuri Peninggalan Majapahit di Mojokerto, Muhibah Budaya Jalur Rempah 2022 Resmi Ditutup

admin

2 Juli 2022