Artikel

Muhibah Budaya Jalur Rempah Resmi Berlayar pada Hari Lahir Pancasila

admin| 1 Juni 2022

Surabaya, 1 Juni 2022 – Bertepatan dengan peringatan Hari Lahir Pancasila, Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset,  dan Teknologi (Mendikbudristek) Nadiem Anwar Makarim bersama Wakil Kepala Staf Angkatan Laut (Wakasal) resmi melepas Kapal Republik Indonesia (KRI) Dewaruci yang membawa para peserta Muhibah Budaya Jalur Rempah 2022  atau Laskar Rempah menyusuri titik-titik Jalur Rempah Nusantara, Rabu (1/6/2022).  

Dari Dermaga Komando Armada (Koarmada) II, Surabaya, Jawa Timur, KRI Dewaruci bersama Laskar Rempah  berlayar menuju ke Makassar, dilanjutkan ke Baubau dan Buton, lalu ke Ternate dan Tidore, kemudian ke Banda  Neira, selanjutnya ke Kupang, serta kembali ke Surabaya pada 2 Juli 2022 mendatang.  

"Hari ini, Ibu dan Bapak, kita menorehkan momen bersejarah. Keberangkatan KRI Dewaruci yang membawa Muhibah  Budaya Jalur Rempah pada hari ini bertepatan dengan peringatan Hari Lahir Pancasila. Jalur Rempah dan Pancasila  adalah tonggak penting dalam perjalanan sejarah bangsa kita," disampaikan Mendikbudristek Nadiem dalam  sambutannya.  

Jalur Rempah yang berpusat di Nusantara, lanjut Nadiem, berperan penting dalam mendorong kemajuan peradaban  global. "Selama lebih dari seribu tahun, jauh sebelum kedatangan Eropa, para pelaut, pedagang, dan cendekia, dari  berbagai belahan dunia berinteraksi dan melahirkan keragaman budaya yang kemudian menjadi inti kekuatan bangsa  kita," ujarnya.  

Ditambahkan Nadiem, Pancasila lahir dari bumi dengan budaya yang beraneka ragam. "Seperti dikatakan Bung Karno,  Pancasila tidak diciptakan, melainkan digali dari bumi kita. Pancasila menjadi falsafah bangsa yang mempersatukan  kita dalam keragaman dengan semangat kebinekaan," tuturnya.  

Kegiatan Muhibah Budaya Jalur Rempah diselenggarakan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan  Teknologi (Kemendikbudristek), bekerja sama dengan Tentara Nasional Indonesia Angkatan Laut (TNI AL),  Pemerintah Daerah, serta berbagai komunitas budaya. Kegiatan ini merupakan salah satu upaya diplomasi budaya  yang diharapkan dapat memperkuat posisi Indonesia sebagai poros maritim dunia, serta upaya untuk melibatkan  generasi muda untuk mengenal narasi sejarah peradaban rempah dari geladak kapal Indonesia sendiri.  

Menteri Nadiem mengatakan, Muhibah Budaya Jalur Rempah semakin mempertegas adidaya budaya Indonesia serta  kedaulatan Indonesia yang terbangun oleh ragam budaya yang dipersatukan melalui kehangatan rempah-rempah.  

"Perjalanan ini kami yakin akan memperkuat upaya pemajuan kebudayaan dan penguatan pendidikan karakter  berbasis Pancasila yang saat ini sedang kita upayakan bersama. Bukan dengan ceramah dan pidato, tapi dengan  aksi, mengarungi lautan seperti leluhur kita dulu, berjumpa dengan masyarakat yang beranekaragam dengan  semangat persaudaraan dan gotong-royong," tutur Mendikbudristek.

Direktur Jenderal (Dirjen) Kebudayaan Kemendikbudristek, Hilmar Farid mengungkapkan, bahwa Pemerintah  berupaya mengajukan Jalur Rempah sebagai Warisan Budaya Dunia yang diakui oleh United Nations Educational,  Scientific and Cultural Organization (UNESCO) di tahun 2024 mendatang. “Kami mengajak masyarakat untuk  mendukung pengakuan Jalur Rempah sebagai Warisan Budaya Dunia UNESCO. Mari menggali kejayaan bahari  Indonesia di setiap simpul Jalur Rempah untuk membangun masa depan Indonesia Merdeka Berbudaya,” ajak Hilmar  Farid.  

Acara pelepasan Muhibah Budaya Jalur Rempah dihadiri oleh Mendikbudristek Nadiem Anwar Makarim, Dirjen  Kebudayaan Hilmar Farid, Wakasal Laksamana Madya TNI Ahmadi Heri Purwono, Wali Kota Mojokerto Ika  Puspitasari, dan Bupati Mojokerto Ikfina Fahmawati.  

Acara pelepasan diwarnai kemeriahan budaya Jawa Timur, seperti pertunjukkan Tari Remo, Tari Dadak Merak, dan  Ganong Kecil. Selain itu, juga dilakukan ritual Larung Rempah, yakni mengantarkan KRI Dewaruci ke lautan diiringi  oleh perahu kora-kora.

 

Laman: jalurrempah.kemdikbud.go.id

Twitter: twitter.com/jalurrempahri

Instagram: instagram.com/jalurrempahri

Facebook: facebook.com/jalurrempah

Youtube: JALUR REMPAH RI

Bagikan:

Artikel Populer

Jejak Perdagangan Jalur Rempah di Kepulauan Maluku dan Awal Kedatangan Bangsa Barat

20 Desember 2022

Pengaruh Bangsa Asing dalam Ragam Motif Wastra Etnis Betawi

5 Januari 2023

Jalur Perdagangan Maritim Nusantara: Cerita dari Masa Lalu, Sebuah Upaya Bagi Masa Kini

21 Februari 2022

Artikel Terbaru

Telusuri Kekayaan Historis dan Budaya Kepulauan Selayar, Muhibah Budaya Jalur Rempah Kembali Digelar

24 November 2023

Ajak Nelayan Jaga Keberlangsungan Laut, Kemendikbudristek Gelar Lomba Perahu Layar Tradisional

24 September 2023

Antusias 140 Nelayan Adu Cepat dalam Lomba Perahu Layar Tradisional dan Upaya Regenerasi ke Anak Cucu

24 September 2023

Artikel Terkait

...

Jalur Perdagangan Maritim Nusantara: Cerita dari Masa Lalu, Sebuah Upaya Bagi Masa Kini

admin

21 Februari 2022

...

Sejarah Makassar: Pengekspor Pakaian hingga Pusat Perdagangan

admin

14 Oktober 2020

...

Telusuri Peninggalan Majapahit di Mojokerto, Muhibah Budaya Jalur Rempah 2022 Resmi Ditutup

admin

2 Juli 2022