Artikel

Jalur Rempah 2020: Puncak Acara Apresiasi Karya Budaya Rempah Nusantara

admin| 10 Desember 2020

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan melalui Direktorat Pengembangan dan Pemanfaatan Budaya melangsungkan acara Apresiasi Karya Budaya Rempah Nusantara di Aston Kartika Grogol, 10-11 Desember 2020. Pada hari kedua perhelatan ini, Jumat (11/12), dilaksanakan sejumlah agenda penting. Di antaranya laporan serta evaluasi beberapa UPT dan Pemerintah Daerah (Pemda) yang menjalankan program Jalur Rempah, dan acara puncak Apresiasi Karya Budaya Rempah Nusantara yang meliputi pameran rempah, pemberian hadiah kepada para pemenang lomba, hingga perilisan website jalurrempah.kemdikbud.go.id.  

Dua agenda pertama, laporan serta evaluasi UPT dan Pemda, dilangsungkan pada pukul 08.00 WIB dan dihelat di dua ruangan Grand Rasamala Ballroom dan Edelweis 3. Dalam agenda ini turut dijabarkan program-program Jalur Rempah dari berbagai daerah di Indonesia, dari mulai karavan budaya, webinar, apresiasi rempah, hingga inventarisasi arsip rempah. 

Pada pukul 14.00 WIB, Acara puncak Apresiasi Karya Budaya Rempah Nusantara dihelat di Grand Rasamala Ballroom. Acara ini dibuka dengan tarian adat serta nyanyian lagu Indonesia Raya tiga Stanza dan dilanjutkan dengan doa serta sambutan dari Dr. Restu Gunawan, selaku Direktur Pengembangan dan Pemanfaatan Kebudayaan. Pasca pidato dan sambutan, agenda dilanjutkan dengan penampilan musik ‘Ibu Pertiwi’ yang dimainkan dengan alat musik sasandu. 

Pasca pementasan musik sasandu, agenda berlanjut dengan pemutaran sebuah video bertajuk Mozaik Program Jalur Rempah sepanjang 2020. Dalam video ini, tampak terlihat kerja-kerja pemerintah dalam mengupayakan berbagai agenda serta kegiatan untuk membangun awareness akan Jalur Rempah kepada masyarakat luas. Sebagai pelengkap, turut pula dimunculkan video sambutan dari ketua Komite Jalur Rempah, Ananto Seta, dan Direktur Jenderal Kebudayaan, Hilmar Farid, yang menjelaskan secara detail mengapa program Jalur Rempah menjadi proritas pemerintah.

Acara pun dilanjutkan dengan penampilan berbagai Tarian khas Nusantara, meliputi Sumatera hingga Papua yang membuat semua peserta acara ikut menari. Selanjutnya, untuk pertama kalinya, diputar sebuah film animasi karya sutradara kawakan Indonesia, Garin Nugroho, yang menyoroti perah cengkeh dan Jalur Rempah. Film animasi ini disaksikan dengan penuh khidmat oleh para peserta dan memberikan applause tepuk tangan yang meriah pasca pemutaran.

Acara diteruskan dengan pemberian hadiah berupa sertifikat dan dana apresiasi untuk para pemenang lomba apresiasi program Jalur Rempah. para pemenang lomba apresiasi ini terdiri dari berbagai media dan kategori, mulai dari komik hingga visual. Agenda Apresiasi Karya Budaya Rempah Nusantara pun ditutup dengan membunyikan lumpang sebagai simbolisasi telah rilisnya website sebagai platform pengetahuan dan sumber informasi terkait Jalur Rempah.

 

Naskah: Doni Ahmadi

Bagikan:

Artikel Populer

Seminar Internasional Dunia Melayu dalam Jaringan Perdagangan Rempah Dunia: Jalur Rempah, Perannya dalam Dunia Kesehatan, dan Peluang di Masa Depan

21 September 2022

Kehangatan Rempah, Jembatan Akulturasi Budaya

12 April 2022

Pesona Jalur Rempah: Arti Burung Rangkong dalam Catatan Tionghoa

6 Desember 2022

Artikel Terbaru

Muhibah Budaya Jalur Rempah Kemendikbudristek Siap Jelajahi 7 Kawasan Kearifan Lokal di Tahun 2024

30 April 2024

Telusuri Kekayaan Historis dan Budaya Kepulauan Selayar, Muhibah Budaya Jalur Rempah Kembali Digelar

24 November 2023

Ajak Nelayan Jaga Keberlangsungan Laut, Kemendikbudristek Gelar Lomba Perahu Layar Tradisional

24 September 2023

Artikel Terkait

...

Pesona Jalur Rempah: Arti Burung Rangkong dalam Catatan Tionghoa

Adi Putra Surya Wardhana

6 Desember 2022

...

Kepulauan Banda: Dari Rempah Pala dan Apa-apa yang Terjadi Setelahnya

admin

5 Oktober 2020

...

Benteng Nieuw Victoria: Cikal Bakal Kota Ambon Hingga Pusat Pemerintahan VOC

admin

27 November 2020